Friday 17 May 2013

Industri Game Berbohong Soal Isu Pembajakan!

Posted by Unknown  |  at  Friday, May 17, 2013 No comments



Pembajakan memang menjadi masalah klasik yang tidak pernah dapat dipisahkan dari industri game. Dianggap sebagai bentuk “halus” pencurian, pembajakan menjadi malapetaka terbesar untuk sebagian besar game yang dirilis ke pasaran, karena efeknya yang menurunkan tingkat penjualan dan pendapatan para publisher secara signifikan. Walaupun kontroversi terus mengitari isu yang satu ini dengan sudut pandang yang lebih berpihak pada publisher game, sebuah penelitian justru hadir dengan sebuah kesimpulan yang mengejutkan terkait masalah klasik yang satu ini. Para publisher dianggap telah “berbohong” soal dampak pembajakan, termasuk melebih-lebihkan efek yang mampu dimunculkannya.

Penelitian yang dilakukan oleh Anders Drachen, Kevin Bauer, dan Rober W.D. Veitch dari tiga Universitas yang berbeda ini memang difokuskan untuk membahas salah satu polemik terbesar industri game – pembajakan. Dengan menganalisa kurang lebih 173 game yang tersebar di situs BitTorrent selama tiga bulan selama tahun 2010 – 2011, penelitian ini berhasil mencatatkan jumlah unduhan ilegal hingga 12.6 juta orang. RPG menjadi genre yang paling populer dengan persentase hingga 18,9 persen, action-adventure di 15,9 persen, third-person shooters di 12,7 persen, dan balap untuk 9,3 persen. Peneltian ini berujung pada hasil akhirnya yang tidak dapat diprediksikan sebelumnya.

Penelitian ini memang tidak membantah bahwa pembajakan memang terjadi di industri game. Namun ia memperlihatkan hasil akhir mengejutkan yang menuduh industri game, terutama publisher, berbohong dan membesar-besarkan dampak yang sebenarnya dihasilkan oleh tindakan yang satu ini.

Selain memperlihatkan hubungan yang kuat antara game-game yang mendapatkan skor tinggi di Metacritic dengan tingkat pembajakan yang dilakukan, penelitian ini akhirnya berujung pada satu kesimpulan – bahwa industri game, terutama para publisher ternyata membesar-besarkan efek dan dampak yang terjadi karena pembajakan. Angka pembajakan yang ada ternyata tidak setinggi yang selama ini terus didengungkan oleh para publisher. Publisher dianggap menyimpan potensi untuk tampil bias karena keterkaitan yang kuat dengan bisnis yang mereka jalani, sehingga terlalu melebihkan masalah pembajakan ini.
Penelitian ini juga merilis 10 game yang paling banyak dibajak selama periode penelitian:
Fallout New Vegas, Darksiders, Need of Speed: Hot Pursuit, NBA 2K11, Tron Evolution, Call of Duty: Black Ops, Starcraft 2, Star Wars: The Force Unleashed II, Two Worlds II, dan The Sims 3: Late Night.

Bagaimana menurut Anda sendiri? Apakah menurut Anda, pembajakan memang menjadi masalah krusial yang akan mematikan industri game di masa depan? Atau ia hanya menjadi isu yang dibesar-besarkan oleh para publisher?

Tags:
Admin

Suka dengan blog saya ? Please Like, Share atau Follow | Bagi Yang Telah Mengunjungi Blog Saya, Saya Ucapkan Terima Kasih Banyak :)

Get Updates

Daftarkan E-mailmu Untuk Berlangganan Artikel Algifari Blogspot .

Share This Post

Related posts

0 komentar:

Jangan Lupa Tinggalkan Pendapat Anda di Kotak Komen Ini Ya. ^_^

whos amung

Kumpulan Puisi Keren

Kata Kata Bijak Motivasi

Algifari Bercerita

Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot

Ayo ! Gabung Bersama

© 2013 Algifari Blogspot. WP Theme-junkie converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
back to top