Penelitian yang dilakukan oleh Anders Drachen, Kevin Bauer, dan Rober W.D. Veitch dari tiga Universitas yang berbeda ini memang difokuskan untuk membahas salah satu polemik terbesar industri game – pembajakan. Dengan menganalisa kurang lebih 173 game yang tersebar di situs BitTorrent selama tiga bulan selama tahun 2010 – 2011, penelitian ini berhasil mencatatkan jumlah unduhan ilegal hingga 12.6 juta orang. RPG menjadi genre yang paling populer dengan persentase hingga 18,9 persen, action-adventure di 15,9 persen, third-person shooters di 12,7 persen, dan balap untuk 9,3 persen. Peneltian ini berujung pada hasil akhirnya yang tidak dapat diprediksikan sebelumnya.
Selain memperlihatkan hubungan yang kuat antara game-game yang mendapatkan skor tinggi di Metacritic dengan tingkat pembajakan yang dilakukan, penelitian ini akhirnya berujung pada satu kesimpulan – bahwa industri game, terutama para publisher ternyata membesar-besarkan efek dan dampak yang terjadi karena pembajakan. Angka pembajakan yang ada ternyata tidak setinggi yang selama ini terus didengungkan oleh para publisher. Publisher dianggap menyimpan potensi untuk tampil bias karena keterkaitan yang kuat dengan bisnis yang mereka jalani, sehingga terlalu melebihkan masalah pembajakan ini.
Penelitian ini juga merilis 10 game yang paling banyak dibajak selama periode penelitian:
Fallout New Vegas, Darksiders, Need of Speed: Hot Pursuit, NBA 2K11, Tron Evolution, Call of Duty: Black Ops, Starcraft 2, Star Wars: The Force Unleashed II, Two Worlds II, dan The Sims 3: Late Night.
Bagaimana menurut Anda sendiri? Apakah menurut Anda, pembajakan memang menjadi masalah krusial yang akan mematikan industri game di masa depan? Atau ia hanya menjadi isu yang dibesar-besarkan oleh para publisher?
0 komentar:
Jangan Lupa Tinggalkan Pendapat Anda di Kotak Komen Ini Ya. ^_^