Monday 27 May 2013

Awas, Ada Malware dan Penipuan di Instagram !

Posted by Unknown  |  at  Monday, May 27, 2013 No comments

Aplikasi  sharing foto yang populer-Instagram  adalah situs jejaring sosial teranyar yang ditargetkan untuk penipuan survei, seperti yang banyak terlihat di Facebook dan Twitter. Kali ini, Trend Micro menemukan adanya penipuan berkedok survei yang merujuk pengguna untuk mengunduh malware melalui peranti Android.
Trend Micro menemukan adanya akun seperti berikut yang ingin mem-follow di Instagram. Hal ini merupakan prosedur standar jika akun instagram Anda di-setting private. Sambil memeriksa permintaan ini, peneliti sistem keamanan akan mendeteksi sistem yang kurang baik di akun tersebut.

 


Untuk memastikan dugaan tersebut, Trend Micro melakukan pengecekan pada akun Instagram berikut dan menemukan postingan foto berbunyi “Dapatkan Followers Gratis”. Hal ini mengingatkan kita atas penipuan berkedok survei di Pinterest yang di blok oleh Trend Micro beberapa waktu lalu.

 

Hal lainnya yang mencurigakan adalah adanya follower di akun Instagram yang memiliki pengulangan nama, seperti “Tawna Tawna” dan “Concetta Concetta”.

 

Melihat tanda-tanda yang mencurigakan, Trend Micro kemudiakan memeriksa dialog box “Dapatkan Followers Gratis ” untuk kemudian mengarahkan pengguna ke halaman aplikasi tersebut. Aplikasi ini terdeteksi oleh Trend Micro sebagai  ANDROINDOS_GCMBOT.A, yang dapat digunakan untuk melansir malicious ke halaman web dengan cara mengirimkan SMS melalui peranti.
 
http://rumpitekno.com/assets/instagram-survey-scam-4.jpg 

Dalam kasus ini, saat pengguna mengunduh aplikasi ini atau tidak, pada akhirnya pengguna diarahkan ke penipuan berkedok survei ini. Mengingat Instagram juga dapat diakses melalui PC, saat kami mencoba untuk mengakses situs berbahaya ini dan penipuan survei dengan desktop, trik ini tidak berfungsi.
Tentu saja, cybercriminal mendapatkan keuntungan dari penipuan survei ini melalui situs pelacakan iklan, dengan cara pengguna diarahkan sebelum  ke halaman survei sebenarnya. Ditambah, pelaku kriminalitas juga dapat memanfaatkan  kumpulan data penipuan ini  dengan cara menjualnya untuk kelompok cybercriminal lain atau pun sebagai modal skema kejahatan di masa mendatang.
Facebook, Pinterest, Tumblr, dan Instagram. Pelaku kriminal dibalik penipuan ini menggunakan situs jejaring sosial yang populer dan situs rekayasa lainnya seperti kontes Google Glass. Agar Anda terhidar dari penipuan ini, lakukan pengecekan postingan yang ada di akun sosial media dari siapa pun bahkan jika itu berasal dari teman, anggota keluarga atau kenalan Anda sekalipun. Pencegahan adalah pertahanan terbaik Anda dan Trend Micro melindungi pengguna dari berbagai ancaman dengan memblokir URL terkait.

Admin

Suka dengan blog saya ? Please Like, Share atau Follow | Bagi Yang Telah Mengunjungi Blog Saya, Saya Ucapkan Terima Kasih Banyak :)

Get Updates

Daftarkan E-mailmu Untuk Berlangganan Artikel Algifari Blogspot .

Share This Post

Related posts

0 komentar:

Jangan Lupa Tinggalkan Pendapat Anda di Kotak Komen Ini Ya. ^_^

whos amung

Kumpulan Puisi Keren

Kata Kata Bijak Motivasi

Algifari Bercerita

Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot

Ayo ! Gabung Bersama

© 2013 Algifari Blogspot. WP Theme-junkie converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
back to top