Friday 19 July 2013

Apakah Benar Smartphone Bisa Membunuh Manusia ?

Posted by Unknown  |  at  Friday, July 19, 2013 No comments

http://assets.kompas.com/data/photo/2012/07/04/1605271p.jpg

Mengacu pada kematian sang pramugari cantik yang tersengat listrik setelah menerima panggilan telepon menggunakan iPhone 5, benarkah listrik dengan kekuatan besar dapat menjalar melalui telepon genggam?

Beberapa hari lalu, seorang pramugari cantik asal China ditemukan meninggal dunia. Kabar yang beredar, dia meninggal karena tersengat listrik ketika sedang menerima panggilan telepon dengan menggunakan iPhone 5 miliknya.

Memang kasus tersebut belum terungkap 100 persen, namun menurut pakar telekomunikasi bernama Xiang Ligang, dugaan sementara adalah, Ailun menggunakan charger iPhone 5 palsu yang bukan buatan Apple.

Karena chargernya imitasi, maka seluruh komponennya berbahaya dan listrik yang didapatkan langsung mengarah ke perangkat mobile yang bersangkutan.

Namun, benarkah hal tersebut dapat terjadi?

Dikutip dari WPTV (16/07), menurut para ahli, kemungkinan seseorang terkena kejut listrik dari perangkat mobilenya dan meninggal, baik itu ketika sedang melakukan proses charging atau juga ketika dalam keadaan normal, sangat kecil.

Dilihat dari sisi komponen elektroniknya, sebuah perangkat komunikasi mendapatkan pasokan energi dari perangkat lain yang voltasenya dibatasi sebesar 5 volts.

Apabila terjadi kelebihan daya, maka yang akan terjadi bukan listrik yang akan meluncur langsung dan mengejutkan sang pengguna perangkat, melainkan lebih sering akan overheating atau panas, berasap dan terkadang terbakar.

"Akan tetapi, risiko tersebut hanya berlaku untuk charger asli buatan perusahaan yang bersangkutan dan tidak berlaku untuk third-party charger atau besutan produsen lain. Beberapa charger palsu atau imitasi tidak dilengkapi dengan komponen yang tepat. Hal tersebut lah yang dapat mengakibatkan overheating, terbakar bahkan munculnya kejut listrik," jelas Scott Wolfson, Communications Director di U.S. Consumer Product Safety Commission.

Bahkan, menurut catatan China Consumers Association, banyak perangkat elektronik tiruan sekarang ini yang membanjiri daratan China. Uniknya, sebagian besar perangkat tersebut berasal atau diproduksi oleh perusahaan asal negara itu sendiri.

"Walaupun mahal, tetaplah gunakan produk asli dari perusahaan pembuatnya untuk menghindari kemungkinan terjadinya sesuatu," saran Wolfson.

Admin

Suka dengan blog saya ? Please Like, Share atau Follow | Bagi Yang Telah Mengunjungi Blog Saya, Saya Ucapkan Terima Kasih Banyak :)

Get Updates

Daftarkan E-mailmu Untuk Berlangganan Artikel Algifari Blogspot .

Share This Post

Related posts

0 komentar:

Jangan Lupa Tinggalkan Pendapat Anda di Kotak Komen Ini Ya. ^_^

whos amung

Kumpulan Puisi Keren

Kata Kata Bijak Motivasi

Algifari Bercerita

Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot

Ayo ! Gabung Bersama

© 2013 Algifari Blogspot. WP Theme-junkie converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
back to top