Tuesday 22 April 2014

6 Tips Mudah Mengamankan Smart Device Android dari Serangan Malware

Posted by Unknown  |  at  Tuesday, April 22, 2014 No comments

http://2.bp.blogspot.com/-QhARvbvQGyc/UqgKGZpJa7I/AAAAAAAAC30/9nAKieNAMVE/s400/Android.png
Mengamankan smartphone adalah salah satu hal terpenting yang wajib Sobat lakukan, mengingat pentingnya perangkat tersebut di dalam kehidupan kalian. Serangan malware jahat yang semakin merajalela pun kian membuat smartphone atau tablet kalian terlihat ringkih dan mudah untuk diinfeksi dengan beragam virus.

Namun, ada beberapa langkah mudah untuk memperkecil peluang malware untuk menyerang perangkat cerdas kalian. Apa saja langkah-langkahnya? Simak beberapa tips :

Apps Store Terpercaya
Demi menjaga keamanan perangkat cerdas kalian, sobat wajib mengunduh berbagai aplikasi langsung dari sumbernya atau dari apps store yang terpercaya. Artinya, kalian harus men-download-nya dari toko aplikasi milik Google, Amazon, Samsung, Microsoft, dan beberapa apps store lain yang sengaja dibangun oleh perusahaan yang terpercaya.

Namun lagi-lagi, sobat wajib pintar-pintar memilih aplikasi sebelum mengunduhnya. Pasalnya, Google Play Store sendiri sempat “kebobolan”, karena sempat beredar aplikasi BBM palsu ketika dunia perangkat cerdas tengah heboh dengan kemunculan messenger dari BlackBerry ini di platform Android dan iOS.

Aplikasi Mencurigakan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, telah banyak aplikasi-aplikasi palsu yang beredar tanpa pengawasan lebih lanjut. Karena itu, sobat setidaknya menyempatkan sedikit waktu untuk membaca review sebelum memutuskan untuk mengunduh aplikasi.

Aplikasi Bajakan

Istilah bajakan mungkin saja erat kaitannya dengan tindakan ilegal. Namun dalam jangka panjang, aplikasi-aplikasi yang dibajak akan mampu merusak perangkat cerdas milik sobat.

Mengunduh dan meng-install program APK yang beredar secara tak resmi memiliki resiko cukup besar untuk membuat smartphone dan tablet sobat terinfeksi malware. Para pengguna BlackBerry 10 bisa menjadi pihak yang paling berbahaya, karena kerap melakukan side-loading aplikasi Android. Jadi, berhati-hatilah sebelum terlambat.

Utak-atik Menu Settings

Google telah menyediakan berbagai pilihan untuk menyaring aplikasi-aplikasi berbahaya. Salah satunya adalah dengan menyediakan pilihan “Verify Apps”. Opsi ini bisa sobat temukan di menu “Settings”, bagi kalian yang telah menggunakan perangkat bersistem operasi minimal Android 4.2.

Dengan mencetang pilihan ini, maka kalian telah meminta sistem untuk memeriksa dan memindai sebuah aplikasi terlebih dahulu, sebelum benar-benar ter-install di dalam perangkat.

Software Update

Logikanya, semakin tinggi sebuah software, maka semakin ketat pula sistem keamanan sebuah perangkat. Maka itu, rajin-rajinlah meng-update sistem operasi atau software dari smart device sobat

Pembaruan software biasanya akan memperbaiki sistem, menghilangkan gangguan bugs, dan menambahkan berbagai fitur yang dipercaya akan meningkatkan kualitas keamanan.

Aplikasi Anti-Virus

Langkah terakhir adalah dengan meng-install program anti-virus di dalam smartphone kalian. Namun seperti yang sobat mungkin telah ketahui, terdapat banyak aplikasi anti-virus di dunia digital saat ini. Tentu saja, kalian wajib memilih yang terbaik.

Avast, AVG, BitDefender, Kaspersky, Sophos, Symantec Norton, dan TrendMico adalah beberapa nama anti-virus terbaik untuk melindungi perangkat cerdas sobat. Tetapi untuk lebih jelasnya, simak saja daftarnya di bawah ini:

Admin

Suka dengan blog saya ? Please Like, Share atau Follow | Bagi Yang Telah Mengunjungi Blog Saya, Saya Ucapkan Terima Kasih Banyak :)

Get Updates

Daftarkan E-mailmu Untuk Berlangganan Artikel Algifari Blogspot .

Share This Post

Related posts

0 komentar:

Jangan Lupa Tinggalkan Pendapat Anda di Kotak Komen Ini Ya. ^_^

whos amung

Kumpulan Puisi Keren

Kata Kata Bijak Motivasi

Algifari Bercerita

Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot

Ayo ! Gabung Bersama

© 2013 Algifari Blogspot. WP Theme-junkie converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
back to top