Monday 15 April 2013

Nilai dan UN, haruskah ?

Posted by Unknown  |  at  Monday, April 15, 2013 No comments


Banyak di kalangan pelajar, baik di SD sampai SMA, yang bertanya buat apa sih Nilai ? buat apa sih UN ? apakah atau perlukah Nilai dan UN untuk kehidupan kita?
memang benar Nilai dan UN itu tidak perlu untuk kehidupan kita nanti, banyak juga pelajaran pelajaran yang beranggapan tidak perlu untuk kehidupan nanti, seperti Fisika, Kimia, Geografi. bagi pelajar sih memang tidak perlu, tetapi bagi pelajar yang ingin meneruskan kejenjang Dokter, Ilmuwan ataupun Arkeolog ini sangat penting bagi mereka. lho kok malah kesana, ? :D kita kembali ke Nilai dan UN.



Nilai adalah sebuah angka ataupun huruf yang diberikan oleh guru untuk diberikan kepada siswanya, apakah itu baik atau buruk, banyak yang beranggapan kalau Nilai adalah suatu beban yang harus ditanggung oleh beberapa pelajar, mereka dikekang oleh orang tua maupun guru untuk mendapatkan nilai yang bagus, kalau seperti itu kita belajar hanya untuk Nilai dong,. bukan mencari Ilmu, ? ya memang benar, tapi kita ambil sisi positifnya dari sebuah nilai, kita bisa belajar menjadi disiplin dan menjadi anak rajin, karena kita harus sering belajar untuk mendapatkan nilai yang bagus. Apakah kita serius untuk belajar? apakah kita serius untuk mendapatkan pengetahuan, ya dengan nilai itu guru dan orang tua tahu, bahwa anaknya belajar disekolah dengan baik.

lalu UN, sebenarnya.. menurut saya UN itu tidak perlu, ya harus bagaimana lagi sudah peraturan pemerintah. dengan belajar dan mendapatkan nilai yang bagus pun itu sudah cukup untuk menjadi pelajar yang bagi Kelulusan siswa SMA seharusnya ditentukan oleh sekolah dengan melalui proses yang ada disekolah tersebut dan cukup sampai disitu saja sesuai dengan kualitas yang ada dimasing-masing sekolah. Kemudian jika siswa tersebut ingin melanjutkan keperguruan tinggi, maka ujian PT yang ada di masing-masing perguruan tinggilah yang akan menentukan seperti apa kualitas calon mahasiswa yang akan menjadi mahasiswa PT tersebut. Jadi Menurut saya tidak perlu mengadakan UN, jadi sudah cukup ditentukan oleh sekolah saja apakah dia sudah layak untuk naik kelas atau lulus dengan menyimpulkan Nilai Nilai yang didapat. Baru baru ini banyak yang dikabarkan bunuh diri gara gara menghadapi UN.
ya saya katakan lagi ambil sisi positifnya dari UN ini, biar kita tidak terlanjur kedalam beban pikiran yang mendalam. pertama, dengan adanya UN kita bisa menguji mental kita, ya kehidupan diluar sana tidak mudah, kita harus mempersiapkan mental dengan kuat, ya dengan UN. hehehe
kedua, UN bisa membuat kita selalu berusaha, berusaha apa ? ya berusah untuk belajar lebih giat, juga menyontek, eh lho kok menyontek ? tapi menyontek ada manfaatnya lho, yaitu kita bisa kreatif dan bisa memikirkan berbagai cara agar tidak ketahuan, bisa cocok untuk menjadi pengusaha. hahaha.
tapi kita harus bisa tanpa menyontek ya, jadi jangan dicontoh. hehehe.

yah walaupun UN bikin hati dag dug ser, tapi masih ada manfaat yang kita peroleh. ^_^

Tags:
Admin

Suka dengan blog saya ? Please Like, Share atau Follow | Bagi Yang Telah Mengunjungi Blog Saya, Saya Ucapkan Terima Kasih Banyak :)

Get Updates

Daftarkan E-mailmu Untuk Berlangganan Artikel Algifari Blogspot .

Share This Post

Related posts

0 komentar:

Jangan Lupa Tinggalkan Pendapat Anda di Kotak Komen Ini Ya. ^_^

whos amung

Kumpulan Puisi Keren

Kata Kata Bijak Motivasi

Algifari Bercerita

Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot

Ayo ! Gabung Bersama

© 2013 Algifari Blogspot. WP Theme-junkie converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
back to top