Tuesday 30 April 2013

Mengenal Web Hantu

Posted by Unknown  |  at  Tuesday, April 30, 2013 No comments

Blog atau website kini telah menjadi kebutuhan pokok semua orang di dunia. Di sana Blog, di sini Blog, di mana-mana ada Blog. Orang meng-gunakan Blog untuk berbagai tujuan mulai dari sekedar untuk menyele-saikan tugas, membuat diari, ataupun untuk bisnis.
Seiring dengan perkembangan Blog yang semakin baik, para Blogger (sebutan untuk pengguna Blog) juga mulai berpikir kritis. Mereka berpikir bagaimana blog ini dapat menjadi sesuatu yang menghibur dan menarik untuk dilakukan. Akhirmya mereka menemukan inovasi baru yaitu dengan menyisipkan “jebakan” pada salah satu bagian Blog untuk menjahili orang-orang yang membukanya.
Web/Blog semacam ini mendapat respon keras dari banyak pihak. Sebagian menolak karena dianggap hanya mengganggu, dan sisanya setuju karena hal tersebut dianggap sebagai lelucon belaka. Biarkan Blogger berekspresi dengan segala daya dan upayanya selama tak melanggar aturan yang ada. Namun pada kenyataannya, pro dan kontra ini justru menyebabkan menjamurnya Blog sejenis ini dan makin banyak variannya.

 Mengenal Web Hantu
Web hantu merupakan sebuah Web/Blog yang telah disisipi script atau konten jahil untuk tujuan bersenang-senang. Perlu Anda ketahui bahwa script dan konten jahil berbeda dengan script dan konten jahat atau yang biasa disebut Malscript.
Keduanya hampir sama dan hampir tak bisa dibedakan, tapi tak ada satu pun yang benar-benar sama di dunia ini. Kedua hal tersebut memiliki perbedaan pada hal tujuan, jika script dan konten jahil ditujukan untuk bersenang-senang, maka script dan konten jahat memiliki tujuan untuk mencuri, merusak, dan segala Jenis-Jenis Web Hantu
Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa web yang dibuka Budi hanya sebagian kecil dari web hantu yang ada. Masih ada berbagai macam dan jenis website hantu, baik yang sudah diketahui keberadaannya ataupun masih gentayangan.
Web hantu dapat dikelompokkan atau dikategorikan berdasarkan pada kerumitan web, jenis jebakan yang dibuat, dan dampak yang ditimbul-kan. Berdasarkan ketiga hal tersebut, maka secara garis besar web hantu dapat dikategorikan sebagai berikut:

1. Web Virus (web hantu tingkat tinggi)
Merupakan jenis web yang paling berbahaya dan ditakuti semua orang di seluruh dunia. Alasannya web ini mampu masuk ke dalam sistem komputer untuk menanamkan induk virus. Akibatnya efek yang ditimbulkan bukan pada browser saja, namun pada komputer seluruhnya.
Pembuatan web ini sendiri tergolong sangat sulit. Perlu kemampuan bahasa pemrograman dan logika tinggi untuk membuatnya. Untuk menghilangkan efek dari web ini Anda memerlukan sebuah antivirus yang sudah terinstal di komputer Anda.

2. Website Flash Based
Website Flash Based merupakan web tingkat tinggi juga, namun masih di bawah Web Virus. Hampir semua bagian yang ada adalah berasal dari file Flash yang ditanam melalui sebuah script. Kelebihan dari website hantu yang menggunakan Flash sebagai medianya adalah sangat dinamis. Sang pembuat dapat mengatur timer, sound, dan efek lainnya dengan mudah.
Namun di sisi lain, file Flash mempunyai satu kekurangan fatal, yakni diperlukan add-on Flash player pada browser untuk menjalankan-nya. Meskipun sekarang sudah ada teknologi HTML 5 yang mampu memutar video atau Flash tanpa add-on, namun sebagian besar orang masih menggunakan browser lama, sehingga jika tak ada Flash player, maka website ini tak akan berjalan sama sekali.
Contoh web yang menggunakan file Flash sebagai bahan utama mereka adalah http://www.rumdesign.com/wrong. Pada saat mem-buka halaman ini, hidupkan speaker Anda dan atur pada volume paling keras, kemudian tunggu selama 30 detik. Lihatlah, apa yang terjadi.

3. Distrubing GIF Image
Teknik ini sebenarnya adalah teknik lama, sangat jadul, dan keting-galan zaman. Namun pada kenyataannya masih banyak Blog hantu yang menggunakan cara ini untuk menjebak mangsanya. Bentuk umum dari penggunaan GIF image dalam Blog hantu yaitu untuk sekadar menakut-nakuti orang yang sedang browsing di dunia maya.
Selain untuk menakut-nakuti, biasanya GIF juga digunakan untuk memajang gambar animasi bergenre hot, entah dengan tujuan apa, yang pasti hal tersebut tak baik untuk kesehatan tubuh, terutama mata Anda.
Mungkin jika Anda membuka web di atas akan terlihat sangat seder-hana, pada bab selanjutnya nanti saya akan tunjukkan bagaimana GIF image dapat bersaing dengan Flash yang mempunyai timer.

4. Mal-Script
Mal-Script dapat dikatakan hampir sama dengan virus. Bedanya adalah Malscript diciptakan bukan untuk menginfeksi atau merusak PC, namun hanya sebatas mengganggu kenyamanan.
Misalkan saja pada saat browsing Anda membuka sebuah website dan tiba-tiba browser Anda bergerak ke sana-ke mari. Hal ini bukan disebabkan oleh virus atau Malcodes lainnya, namun lebih tepatnya oleh javascript yang sudah diatur sedemikian rupa sehingga terjadi efek seperti itu.
Apakah hal ini berbahaya bagi kesehatan PC? Tidak, script ini tidak permanen ada di dalam komputer karena ia tak bisa menginfeksikan dirinya ke PC. Script ini hanya akan bekerja ketika Anda membuka website yang membawanya. Jadi, hati-hatilah sebelum membuka sebuah website.

5. Video Freak
Sebuah website yang mengandung video sering kali juga menjadi media Blog hantu. Sebenarnya efek yang ditimbulkan tidak terlalu buruk, namun cukup untuk membuat Anda terpental dari tempat duduk.
Biasanya skema web seperti ini adalah menampilkan video lucu sebagai intro, setelah Anda termakan oleh alur cerita, di tengah-tengah video sudah menanti sebuah scene menyeramkan yang keluar secara tiba-tiba diikuti oleh efek suara hihihi…
Contoh di atas hanyalah sebagian dari penggunaan Video Freak, masih banyak trik-trik yang bisa dikembangkan.
Selain membutuhkan koneksi yang cukup cepat, kelemahan lain dari website hantu yang menggunakan teknik ini adalah dibutuhkan add-on Flash Player untuk memutar videonya. Jadi intinya, jika browser korban tak mempunyai Flash Player, maka video tidak akan dapat diputar.

6. Defacing
Pernahkah Anda melihat deface yang sesungguhnya? Deface atau Cyber Grafity merupakan sebuah tindakan untuk mengubah halaman awal atau homepage dari sebuah website dengan halaman lain yang sudah dibuat sebelumnya secara permanen. Tujuan dari deface sendiri bisa beragam, misalnya ingin mengenalkan dirinya pada khalayak ramai, menjatuhkan image orang lain, atau lainnya.
Sekali lagi saya tegaskan di sini, kita tidak akan membahas deface untuk kejahatan, namun hanya sebatas kesenangan. Deface yang dimaksud adalah mengubah tampilan website (halaman mana pun) secara sementara dan hanya bisa dilihat oleh komputer Anda. Jadi ketika ada orang lain yang membuka halaman yang telah kita deface, tampilannya masih tetap dan tidak berganti sama sekali. Berikut contoh website yang sudah di-deface sementara.
Terlihat dari gambar di atas, semua tulisan yang ada telah diubah, yang semula menggunakan bahasa Indonesia kini berganti menjadi bahasa Jawa. Cukup hebat bukan…

7. Phising
Phising merupakan salah satu tindak kejahatan yang dilakukan oleh orang yang tak bertanggung jawab dengan cara membuat halaman palsu dari sebuah website yang mengandung Form Login. Ketika kor-ban memasukkan username dan password yang valid pada halaman palsu tersebut, maka informasi tersebut akan disimpan dalam sebuah file khusus yang telah disiapkan oleh sang pembuat website.
Pada website yang asli, username dan password yang Anda masukkan akan dikirim ke server langsung untuk mendapatkan cookie sehingga Anda bisa mengakses akun Anda. Contoh phising yang paling sering digunakan yaitu facebook, yahoo, dan media sosial lainnya.

Tujuan Web Hantu
Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya bahwa tujuan utama dari pembuatan web hantu adalah untuk kesenangan belaka. Namun siapa tahu bahwa web hantu ini memiliki tujuan lain yang tidak bisa dilihat oleh mata telanjang. Banyak dari tujuan tersebut yang sebenarnya tidak penting, namun sudah cukup untuk menimbulkan kepuasan pada diri Anda. Berikut ini tujuan lain dari penggunaan web hantu:
1. Media promosi
2. Penyebaran virus
3. Mencuri password
4. Perusakan reputasi
5. Terkenal
6. Testing
7. Media pembelajaran, dll

Tags:
Admin

Suka dengan blog saya ? Please Like, Share atau Follow | Bagi Yang Telah Mengunjungi Blog Saya, Saya Ucapkan Terima Kasih Banyak :)

Get Updates

Daftarkan E-mailmu Untuk Berlangganan Artikel Algifari Blogspot .

Share This Post

Related posts

0 komentar:

Jangan Lupa Tinggalkan Pendapat Anda di Kotak Komen Ini Ya. ^_^

whos amung

Kumpulan Puisi Keren

Kata Kata Bijak Motivasi

Algifari Bercerita

Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot

Ayo ! Gabung Bersama

© 2013 Algifari Blogspot. WP Theme-junkie converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
back to top