Wednesday 19 March 2014

Cara Memblokir Website Tertentu Menggunakan Modem TP-Link Speedy

Posted by Unknown  |  at  Wednesday, March 19, 2014 No comments

Di tempat saya beraktifitas koneksi internetnya menggunakan telkom speedy yang dipakai bersama-sama banyak orang. Yang namanya shared ke banyak orang, pasti ada aja yang merasa dirugikan, merasa dimonopoli dan lain-lain. Lebih-lebih kalau yang memonopoli itu suka buka website yang membutuhkan bandwidth yang besar, otomatis yang lain lebih tidak bebas lagi untuk akses internet.

Untuk mengatasi hal tersebut, atas saran beberapa orang akhirnya memutuskan untuk blokir website tertentu agar tidak bisa diakses sehingga bandwidth tidak hanya dipakai beberapa orang saja.

Karena kebetulan yang kami gunakan adalah modem wireless TP-Link TD-W8951ND bawaan telkom speedy, maka saya gunakan saja fasilitas dari modem tersebut untuk memblokir website tertentu agar tidak bsia diakses oleh pengguna. Di bawah ini adalah contoh setting yang bisa digunakan untuk memblokir akses ke website-website tersebut:

  • Login ke control panel dari modem TP-Link. Untuk defaultnya, anda bisa mengakses alamat http://192.168.1.1
  • Jika ditanya username dan password, masukkan sesuai settingan anda. Untuk defaultnya, user dan password yang digunakan adalah “admin”. Login ke Modem Speedy ADSL
  • Setelah anda memasukkan password, silahkan klik bagian Access Management. Lanjutkan dengan menu Filter. Selanjutnya, pilih URL Filter.
  • Tunggu beberapa saat sampai panel menuju bagian URL Filter. Filter URL Blog
  • Pada bagian URL, masukkan alamat lengkap dari website yang ingin di blokir. Misalnya anda ingin blokit YouTube, maka masukkan URL http://www.youtube.com, atau jika anda ing blokir facebook, masukkan http://www.facebook.com. Jangan lupa, pada bagian drop down dari URL Index, pilih nomor sesuai dengan yang dikehendaki (satu nomor untuk satu URL alamat website). Blokir URL website tertentu
  • Terakhir, klik tombol Save untuk menyimpan hasil setting.
  • Jika ingin menghapus (menghilangkan webiste yang sudah diblokir), klik tombol delete. Blokir Website
  • Setelah klik tombol Save, lebih baiknya anda restart modem anda agar setting-an bisa tersimpan dengan baik. Untuk restart bisa dengan restart lewat control panel atau dengan mematikan modem, kemudian menyalakannya lagi.

Cukup mudah bukan? Dengan begini anda bisa memblokir website tertentu menggunakan modem TP-Link bawaan speedy. Untuk modem tipe lain selain pada contoh, hampir sama dengan tips ini karena menu-nya sama saja. Untuk modem merek lain silahkan bereksperimen sendiri.

sumber

Tags:
Admin

Suka dengan blog saya ? Please Like, Share atau Follow | Bagi Yang Telah Mengunjungi Blog Saya, Saya Ucapkan Terima Kasih Banyak :)

Get Updates

Daftarkan E-mailmu Untuk Berlangganan Artikel Algifari Blogspot .

Share This Post

Related posts

0 komentar:

Jangan Lupa Tinggalkan Pendapat Anda di Kotak Komen Ini Ya. ^_^

whos amung

Kumpulan Puisi Keren

Kata Kata Bijak Motivasi

Algifari Bercerita

Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot

Ayo ! Gabung Bersama

© 2013 Algifari Blogspot. WP Theme-junkie converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
back to top