Friday 7 March 2014

Cara Mudah Backup & Restore iPad

Posted by Unknown  |  at  Friday, March 07, 2014 No comments

http://tctechcrunch2011.files.wordpress.com/2013/11/ipad-mini-front-low-angle.jpg?w=1279&h=727&crop=1
Apakah Anda baru membeli New iPad atau Mini iPad atau iPhone 5 dan Anda ingin mem-backup data (termasuk apps) dari iDevice lama Anda ke iDevice baru Anda. Caranya bagaimana?
Proses restore adalah langkah pertama yang dapat Anda lakukan ketika iDevice Anda mulai sering macet atau bermasalah atau saat Anda ingin mem-backup data dari iDevice lama dan restore ke iDevice baru Anda.

Tahap 1. Mempersiapkan iPad sebelum Backup

Anda mungkin ingin mem-backup semua data pada iPad lama Anda dan me-restorenya pada New iPad Anda. Sebelum membackup data Anda, pastikan Anda telah mempersiapkan iPad lama Anda untuk di restore ke New iPad dengan cara yang benar.
Langkah 1. Menghapus Apps yang tidak diperlukan
Mulailah dengan menghapus semua aplikasi yang jarang/tidak pernah digunakan dari iPad lama Anda. Beberapa aplikasi, terutama game, mengambil ruang yang besar. Dengan menghapus aplikasi yang tidak diinginkan, Anda membebaskan ruang pada New iPad dan mengurangi jumlah waktu yang diperlukan untuk me-restore dari backup.
Langkah 2. Menghapus Musik, Film, Videos & Acara TV yang tidak diperlukan
Musik, Film, Video dan Acara TV juga mengambil ruang yang besar di iPad Anda. Kecuali jika Anda memiliki iPad dengan penyimpanan yang besar atau Anda memerlukan file multimedia tersebut, pastikan bahwa Anda telah menghapus semua file multimedia yang sudah tidak diperlukan dan hanya menyimpan file multimedia yang dibutuhkan.
Langkah 3. Mengatur Layar Home & Folder Anda
Setelah Anda menghapus semua aplikasi dan file multimedia yang tidak diperlukan, Anda perlu mengatur ulang apps yang Anda butuhkan dalam beberapa folder sehingga memudahkan Anda untuk menemukannya dan membuat layar Home Anda tampil lebih “rapi”.
Anda dapat membuat folder untuk setiap kategori. Misalnya, membuat satu folder untuk game, satu folder untuk utilitas, satu folder untuk aplikasi produktivitas, satu folder untuk aplikasi fotografi, dan sebagainya.
Langkah 4. Mengatur Settings Anda
Dan akhirnya Anda dapat mengatur setting iPad Anda sesuai dengan keinginan – misalnya, pengaturan keyboard, pengaturan suara, pengaturan kecerahan & wallpaper, pengaturan Safari/Mail dan sebagainya sehingga ketika Anda melakukan restore, New iPad Anda akan memiliki settings tersebut.

Tahap 2. Cara Mem-backup iPad ke iCloud

Anda dapat melakukan backup ke PC dengan menggunakan iTunes atau Anda juga dapat mem-backup ke iCloud yang merupakan cara yang lebih mudah. Apple memberikan Anda 5Gb penyimpanan gratis di iCloud.
Namun iCloud tidak menyimpan semua aplikasi Anda – iCloud hanya menyimpan preferensi, pengaturan dan data dalam aplikasi tersebut. Anda perlu men-setup akun iCloud dengan benar sehingga penggunaan penyimpanan gratis dapat dimaksimalkan.
iCloud secara otomatis akan membackup semua data penting Anda (misalnya musik, acara TV, aplikasi, buku yang dibeli lewat iTunes Store, foto dan video di Camera Roll, pengaturan iPad, aplikasi data, pengaturan layar Home dan folder, pesan (iMessage) dan nada dering) setelah diaktifkan dengan memilih Settings > iCloud > Storage & Backup > iCloud Backup > On.
Ketika Anda melakukan sync dengan iTunes, iPad Anda tidak lagi dibackup ke PC secara otomatis, tetapi akan langsung dibackup ke iCloud.

PENTING: Foto yang disync dari PC, musik, video, film yang tidak dibeli dari iTunes Store, podcasts dan buku audio dari perpustakaan iTunes, informasi seperti contacts dan calendar dari PC, dan aplikasi tidak akan di-backup ke iCloud.
Sebelum Anda mulai melakukan backup, pastikan semua app data yang tidak diinginkan sudah dihapus dari iCloud dengan memilih Settings > iCloud > Storage & Backup > Manage Storage. Nonaktifkan semua app data yang tidak ingin di-backup ke OFF dan tekan tombol Delete untuk menghapus masing-masing app data yang tidak ingin di-backup ke iCloud.

PENTING: Menghapus data aplikasi tidak berarti Anda akan menghapus aplikasi tersebut secara permanen dari iCloud. Ini berarti walaupun aplikasi yang telah dihapus dari iPad masih akan didownload dan diinstal kembali secara otomatis ketika Anda melakukan restore.
Anda tidak dapat menghapus aplikasi secara permanen dari iCloud – namun Anda dapatmenyembunyikannya sehingga ketika Anda melakukan backup dan me-restore backup Anda, -aplikasi tersebut tidak akan didownload dan diinstal kembali secara otomatis (Baca: Menyembunyikan Dan Menampilkan Apps di iCloud).
Backup akan dilakukan secara otomatis apabila iPad Anda terhubung ke Internet melalui Wi-Fi, atau tersambung ke sumber listrik dan layar dalam posisi terkunci.
Jika iPad Anda tidak tersambung ke sumber listrik, pilih Settings > iCloud > Storage & Backup > Back Up Now untuk mulai melakukan backup secara manual.
Untuk membatalkan backup, Anda dapat pilih Settings > iCloud >Storage & Backup lalu pilih Cancel Backup.

Tahap 3. Cara untuk me-Restore dari Backup

Setelah Anda menyelesaikan backup iPad Anda, Anda dapat mulai men-setup New iPad Anda. Ketika Anda diberikan pilihan untuk “Restore from iCloud Backup “, tekan opsi tersebut, kemudian memasukkan akun iCloud Anda (misalnya, abc@gmail.com) dan kata sandi.
Setelah Anda telah memasukkan akun iCloud dan kata sandi yang benar, New iPad Anda akan menampilkan halaman Terms and Conditions.
Setelah Anda memilih Agree, New IPad Anda akan meminta Anda untuk memilih versi restore yang Anda inginkan.
Proses restore membutuhkan beberapa waktu untuk mengunduh pengaturan, isi dan data app. Jika Anda memiliki banyak konten di iPad Anda, proses restore bisa berlangsung lebih lama.
Layar restore akan menampilkan perkiraan pada setiap tahap proses restore, dimulai dengan restore pengaturan iPad hingga reboot.
Restore merupakan satu proses yang terdiri dari dua tahap – pertama, pengaturan iPad akan di restore kembali, lalu semua aplikasi di-download lagi dari server Apple.

Restore akan mencoba untuk mengunduh versi yang sama dari aplikasi yang telah Anda instal sebelumnya. Jika versi tersebut tidak lagi tersedia, Apple akan mengunduh versi terbaru dari aplikasi tersebut.
Ketika layar awal iPad tampil, iPad akan melanjutkan proses restore dengan mengunduh semua aplikasi Anda, musik, film, acara TV, aplikasi, buku yang dibeli dari iTunes Store, foto/video dari Camera Roll dan konten lainnya.
Anda akan diminta untuk memasukkan password untuk semua akun Apple ID yang pernah digunakan pada iPad (backup) Anda.
Anda juga akan diminta untuk memasukkan password untuk setiap iTunes, iBookstore dan akun App Store yang diperlukan oleh iCloud untuk mengembalikan konten.

Tags:
Admin

Suka dengan blog saya ? Please Like, Share atau Follow | Bagi Yang Telah Mengunjungi Blog Saya, Saya Ucapkan Terima Kasih Banyak :)

Get Updates

Daftarkan E-mailmu Untuk Berlangganan Artikel Algifari Blogspot .

Share This Post

Related posts

0 komentar:

Jangan Lupa Tinggalkan Pendapat Anda di Kotak Komen Ini Ya. ^_^

whos amung

Kumpulan Puisi Keren

Kata Kata Bijak Motivasi

Algifari Bercerita

Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot

Ayo ! Gabung Bersama

© 2013 Algifari Blogspot. WP Theme-junkie converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
back to top