Sunday 15 September 2013

Benarkah Ilmu Gendam Itu Ada ?

Posted by Unknown  |  at  Sunday, September 15, 2013 No comments

http://3.bp.blogspot.com/_us7NwTgjcB4/TMjx9kSa2fI/AAAAAAAABmg/wSJKX5K_w8U/s400/Raja+Ilmu+Gendam+Hipnotis.jpg


Gendam, suatu kata yang sangat bernuansa â??mistisâ??. Bahkan saat saya masih di bangku mahasiswa-pun saya sudah sering mendengar kata ini, setidaknya dari beberapa cerita tentang orang-orang yang terkena gendam di Terminal Wonokromo Surabaya (terminal Surabaya di masa lalu). Tetapi apakah ilmu gendam itu benar-benar ada ? Dan sebenarnya apakah ilmu gendam itu ?

Indonesia memiliki kultur-sosial yang sangat unik, barat bertemu dengan timut, logis bertemu dengan mistis. Sesuatu yang menarik untuk dikaji.

Banyak cerita dan rumor tentang gendam ini, tetapi sangat berbeda faktanya ketika kita memberanikan diri untuk melakukan pendetilan, atau dalam bahasa KPK kita lakukan â??penyidikanâ??, akan mengakibatkan gendam tidak â??seseramâ?? ceritanya. Sesungguhnya gendam bukan sesuatu yang mistis apalagi melibatkan unsur gaib, melainkan semata-mata teknik komunikasi yang piawai dan memanfaatkan situasi kondisi (state) tertentu.

Para korban gendam selalu saja awal mulanya mengatakan :

â??Saya tiba-tiba tidak sadarkan diri, dan uang di ATM saya sudah terkurasâ??.

Faktanya ketika saya melakukan pendetailan peristiwa, selalu terdapat komunikasi awal yang merupakan asal-muasal malapetaka sesungguhnya yang nantinya disederhanakan dengan nama â??gendamâ??.

Gendam selalu memanfaatkan sifat-sifat dasar manusia, antara lain : keinginan untuk memperoleh keuntungan dengan cara cepat, keinginan untuk lolos dari masalah dengan cara ajaib, sifat empati dan sosial kepada orang lain, dan juga sifat naif yang mungkin tidak pada tempatnya.

Ilmu gendam tidak terlepas dari pemanfaatan sifat-sifat dari pikiran bawah sadar manusia, terlepas bahwa praktisinya seakan-akan memperoleh kemampuan ini dengan cara gaib, atau yakin bahwa dibantu oleh entitas gaib, akan tetapi sesungguhnya tetap bermain dengan area yang itu-itu juga, yaitu pikiran bawah sadar.

Setiap manusia memiliki potensi untuk memasuki keadaan â??tranceâ??, jika berada dalam situasi kondisi tertentu, dan tentu saja dapat dikondisikan pula oleh teman kita si ahli gendam ini.

Salah satu kondisi yang sangat mudah untuk menyeret kita ke kondisi trance adalah kondisi panik, benar-benar panik tanpa dapat dikelola sama, sekali. Bayangkan jika tiba-tiba mobil kita tiba-tiba dihentikan oleh sekelompok orang bersepeda motor, sambil mereka mengatakan :

â??Hei, hei berhenti, mau tabrak lari ya â?¦.! Ayo berhenti â?¦..!â??.

Dalam situasi yag serba cepat semacam ini, nalar kita bahkan tidak mampu bereaksi dan melakukan evaluasi secara cermat, sehingga kita cenderung untuk melayani secara naluriah, dan kita akan segara â??masukâ?? ke kondisi trance yang nantinya dapat berujung kepada hal-hal yang membuat kita akhirnya merasa terkena gendam.

Seorang Ibu yang mungkin tengah risau dengan urusan rumah tangganya, dan duduk menyendiri di pojokan sebuah mall, tiba-tiba seseorang menghampiri dan mengatakan dengan sangat santun :

â??Bu, yang sabar saja, persoalan Ibu sebentar lagi akan berakhir. Tuhan mendengar semua doa Ibu.â??.

Blaaaar â?¦.. dapat dibayangkan bahwa kalimat ini tentu bagaikan oase di padang pasir, dan akan segera membawa si Ibu ke kondisi â??tranceâ?? juga.

Nah apakah sebenarnya â??tranceâ?? itu ? Trance tidak semata-semata seperti Kuda Lumping kesurupan, tidak seperti orang yang dihipnotis di layar kaca, trance memiliki wajah yang luas, bahkan orang yang sedang kasmaran jatuh cinta dapat juga disebut sebagai trance. Trance dapat dianalogikan sebagai â??tersesatâ?? di logika yang tidak wajar, tidak wajar menurut si pengamat, tetapi mungkin sangat wajar bagi si subyek yang tengah memasuki trance.

Banyak cara untuk â??membawaâ?? seseorang ke kondisi trance, bahkan dapat saja dari celah yang kecil dari kesadaran manusia. Beberapa diantaranya adalah :

Kepanikan yang luar biasa (seperti yang telah dijelaskan di atas)
Kebingungan yang luar biasa (bahkan pikiran normal tidak mampu mencerna)
Harapan (keuntungan epat, lepas dari permasalahan, dll.).
Terkejut dengan sangat ekstrim (dikagetkan secara tiba-tiba).
Ahli gendam piawai untuk melakukan utilisasi (pemanfaatan lebih jauh) dari sedikit celah yang dihasillkan dari berbagai ha di atas.

Ahli gendam piawai untuk â??mengukurâ?? apakah si â??korbanâ?? dapat ditarik memasuki trance ataukah justru menjauh dari trance ? Jika menjauh, ia tidak akan melanjutkan prosesnya.

Ahli gendam piawai dalam berkomunikasi ala â??sampahâ??, sehingga akan terdapat kata-kata yang meluncur begitu saja ke pikiran bawah sadar.

Bayangkan saja jika ada seorang pembeli yang â??bersosokâ?? orang seberang membeli sesuatu ke toko anda, dan ketika anda menyerahkan kembalian, ia mengatakan :

â??Cik, saya tak nak uang berseri macam ni, saya nak yang ada huruf depannya H dan akhirnya nombor 9â??.

Saat itu pikiran anda akan â??berhentiâ?? sesaat, karena ini suatu pertanyaan ganjil yang jawabannya sama sekali tidak tersedia di database anda.

Dan dengan kepiawaian tertentu, dalam beberapa detik kemudian, pikiran yang berhenti ini dapat diarahkan untuk memicu kondisi trance, yang akan berakhir dengan anda menyerahkan seluruh uang dari kas anda pada hari itu.

Gendam adalah tentang komunikasi, walaupun sang pelaku meyakini ia menggunakan kekuatan gaib, sesungguhnya ini hanyalah penguat â??Self Imageâ?? semata, memunculkan keberanian di luar normal, keberanian yang dapat membuat orang lain terseret ke kondisi trance.

Oleh karena itu cara melawan gendam tentu saja harus memahami perilaku pikiran bawah sadar kita sendiri, dan selalu berupaya untuk berada dalam kondisi â??awareâ??dimanapun itu.

Tidak dapat ditampik bahwa setiap orang mungkin saja memasuki kondisi semacam ini, termasuk saya sendiri nyaris menjadi korban gendam dari sekumpulan penjahat dari Iran ketika saya sedang berlibur di Kuala Lumpur. Para penjahat ini sangat perlente, dan sudah sangat mirip dengan â??raja minyakâ?? yang tengah berlibur. Modus mereka adalah menukarkan mata uang dolar mereka, dan hampir saja saya menurutinya, sampai akhirnya saya menyadarinya bahwa money changer toh ada dimana-mana, kenapa pula harus ke saya ?

Saat seseorang memasuki kondisi trance, maka sesungguhnya muncul perasaan yang â??agak anehâ??, antara sadar dan tidak sadar, dan disinilah kita masih memiliki peluang untuk keluar dalam kondisi ini, out of the trance. Caranya, kita harus menyingkir sejenak (upayakan), dan dengan tegas katakan dalam hati : â??Sekarang juga normalkan dan wajarkan pikiran sayaâ??. Jika kita nyaman dengan berdoa, tambahkan dengan doa penguat. Pasti kita akan segera keluar dari kondisi â??tranceâ?? ini.

Yang agak sulit adalah ketika kita memasuki trance secara perlahan, misalkan kita bertemu dengan sosok orang yang kita anggap sakti, dan dapat membantu menyelesaikan masalah kita. Ini trance yang sangat dahsyat, dimana keadaan trance dan kognitif (sistem berpikir) kita akan bergeser secara wajar. Satu-satunya cara adalah dengan membuka diri kepada orang terdekat kita dan memintanya untuk mengevaluasi tindakan dan perilaku kita, dan kita mencoba untuk menganalisa masukan ini.

Gendam mungkin tetap misteri bagi banyak orang ! Tapi bagi saya, dan semoga pula bagi anda, jangan pernah percaya bahwa gendam adalah mistik atau magis, karena keyakinan ini akan membuat kita ter-gendam sebelum gendam itu benar-benar terjadi.

Tags:
Admin

Suka dengan blog saya ? Please Like, Share atau Follow | Bagi Yang Telah Mengunjungi Blog Saya, Saya Ucapkan Terima Kasih Banyak :)

Get Updates

Daftarkan E-mailmu Untuk Berlangganan Artikel Algifari Blogspot .

Share This Post

Related posts

0 komentar:

Jangan Lupa Tinggalkan Pendapat Anda di Kotak Komen Ini Ya. ^_^

whos amung

Kumpulan Puisi Keren

Kata Kata Bijak Motivasi

Algifari Bercerita

Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot

Ayo ! Gabung Bersama

© 2013 Algifari Blogspot. WP Theme-junkie converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
back to top