Tuesday 13 November 2012

Tips Memilih Sistem Operasi untuk Netbook

Posted by Unknown  |  at  Tuesday, November 13, 2012 No comments

Hal yang paling utama dari sebuah PC desktop, laptop, notebook, atau netbook adalah adanya sistem operasi. Sistem operasi (Operating System) merupakan nyawa utama kedua setelah hardware. Dengan adanya sistem operasi, maka kita bisa menjalankan hardware, menginstal berbagai aplikasi, mengakses file, dan masih banyak lagi.
Untuk netbook sendiri kita memiliki beberapa pilihan sistem operasi yang bisa digunakan seperti Windows (XP,Vista, Windows 7), Linux Ubuntu Netbook Edition, dan Android. Kita akan sedikit membahasnya agar Anda bisa memahaminya.
Windows XP
Sistem operasi Windows XP memang sangat cocok digunakan untuk netbook sebab sistem operasi ini tidak memerlukan resource yang besar. Windows XP tidak akan membebani kerja dari prosesor dan memori Anda. Keunggulan dari sistem operasi ini adalah user friendly, mudah digunakan, dan telah lama banyak yang menggunakannya. Sistem operasi Windows juga terdiri dari beberapa jenis, ada sistem operasi Windows XP Home Edition dan Windows XP Professional. Namun yang paling banyak digunakan untuk netbook adalah Windows XP versi Home Edition.
Jika Anda hendak memiliki netbook dengan sistem operasi Windows XP, maka ada baiknya membeli dari toko yang memiliki kerjasama dengan Microsoft sehingga Anda akan mendapatkan instalasi Windows XP secara gratis dan tentunya legal. Atau jika ingin membeli lisensi Windows XP yang original, Anda perlu merogoh kocek sekitar Rp 800.000 untuk versi Home Edition. Keuntungannya tentu saja Anda akan merasa aman untuk menggunakannya sebab sistem operasi yang digunakan benar-benar legal.

Tampilan Windows XP di Netbook
Linux Ubuntu Netbook Editon (UNE)
Jika Anda mau menggunakan sistem operasi yang legal, gratis, dan handal maka Linux adalah jawabannya. Linux merupakan sistem operasi yang terbilang stabil dan aman. Oleh sebab itu, jarang sekali kita mendengar adanya virus yang menyerang sistem operasi Linux.
Linux juga memiliki banyak sekali varian yang biasa kita sebut dengan distro, seperti Mandrake, RedHat, Knopik, Suse, Slackware, Ubuntu, dan masih banyak lagi. Bagi Anda yang menggunakan netbook maka bisa menggunakan sistem operasi Ubuntu Netbook Edition (UNE) yang sering kali disebut juga sebagai Ubuntu Remix.
Ubuntu Netbook Edition memang dirancang secara khusus untuk bekerja pada netbook sehingga tidak memberatkan sistem. Tampilan grafisnya yang menarik tentu akan membuat Anda nyaman dan mudah untuk menggunakannya, jauh dari kesan Linux yang katanya susah dalam penggunaan. Beberapa aplikasi juga secara otomatis telah diinstal pada netbook seperti OpenOffice, browser Firefox, pemutar musik, pemutar film, dan masih banyak lagi.

Sistem Operasi Linux Ubuntu Netbook Edition
Sistem Operasi Android
Di dunia mobile kita mengenal sistem operasi Symbian, BlackBerry, Apple (iPhone), dan yang mulai menggeliat saat ini adalah Android. OS Android memang harus bersaing dengan OS lain yang terlebih dahulu lahir dan sudah memiliki pangsa pasar yang luas.
Selain menghadirkan OS untuk handphone, Android juga hadir untuk sistem operasi pada PC terutama pada netbook. Acer mulai mengadopsi Android supaya bisa dijalankan pada netbook besutannya. Pada ajang Computex 2009 di Taiwan, Acer sudah memperkenalkan netbook ber-OS Android. Beberapa vendor lain kabarnya juga mulai melirik Android, sebut saja HP (Hewlett-Packard), Dell, dan beberapa vendor lainnya. Alasan penggunaan Android adalah karena OS dari Google ini open source, berbeda dengan Windows dimana kita harus membeli lisensinya.
Saat ini sudah tersedia Android untuk arsitektur Android-x86 dan LiveAndroid. Persamaan keduanya adalah bisa dijalankan pada arsitektur x86 (termasuk PC desktop) dan bisa dijalankan melalui media CD atau UFD (flash disk). Perbedaannya, Android x86 sudah bisa diinstal di PC sedangkan LiveAndroid hanya bisa dijalankan melalui media CD atau UFD saja.
Perlu Anda ketahui, belum semua vendor netbook mendukung Android sebagai sistem operasi yang bisa dijalankan. Saat ini baru netbook Acer yang sudah bisa menjalankan Android. Bagi yang tertarik untuk menggunakan atau mungkin mencicipi Android maka Anda bisa mengunduhnya melalui alamat berikut: http://code.google.com/p/live-android/.

Tampilan LiveAndroid
Dari ketiga sistem operasi yang ada, rupanya Windows yang memang masih banyak peminatnya, disusul Ubuntu Netbook Edition (Ubuntu Remix), lalu terakhir Android yang masih berjuang mencari pasaran.
Apapun sistem operasi yang Anda pilih untuk netbook, tentunya pilihlah sistem operasi yang cocok dengan kebutuhan Anda dan pilihlah sistem operasi yang legal.

Tags:
Admin

Suka dengan blog saya ? Please Like, Share atau Follow | Bagi Yang Telah Mengunjungi Blog Saya, Saya Ucapkan Terima Kasih Banyak :)

Get Updates

Daftarkan E-mailmu Untuk Berlangganan Artikel Algifari Blogspot .

Share This Post

Related posts

0 komentar:

Jangan Lupa Tinggalkan Pendapat Anda di Kotak Komen Ini Ya. ^_^

whos amung

Kumpulan Puisi Keren

Kata Kata Bijak Motivasi

Algifari Bercerita

Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot

Ayo ! Gabung Bersama

© 2013 Algifari Blogspot. WP Theme-junkie converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
back to top