Sunday 24 November 2013

Misteri Terbentuknya Semesta Berhasil Ditemukan di Antartika

Posted by Unknown  |  at  Sunday, November 24, 2013 No comments

http://1.bp.blogspot.com/-79tBDESTS04/UbhVtoA2w0I/AAAAAAAAAJg/7_T03avPe1c/s1600/Safari+Di+Gurun+Es+Antartika.jpg
Para peneliti di Kutub Selatan baru saja menemukan serangkaian neutrino atau partikel dasar yang diperkirakan bukan berasal dari bumi. Kemungkinan, partikel ini bisa dipergunakan untuk mengetahui asal muasal kehidupan di alam semesta ini.
Seperti yang dilansir oleh The Register (21/11), hal ini disampaikan sendiri oleh para peneliti dari IceCube, sebuah tim yang bekerja di laboratorium teleskop di Antartika. Mereka mengaku akan mengungkap misteri kehidupan dari benda temuannya tersebut.

Para peneliti yakin bahwa 28 partikel antar galaksi ini berasal dari luar tata surya kita. Kemungkinan, asalnya juga bukan dari galaksi ini, Galaksi Bima Sakti.

Dari partikel ini sendiri kemudian para peneliti mencoba menemukan bagaimana asal muasal fenomena angkasa seperti lubang hitam, pulsar dan fenomena lain mampu memancarkan partikel subatomik hingga ke bumi.

"Observasi terhadap neutrino merupakan hal paling menarik karena partikel tersebut mengeluarkan energi terbesar di alam semesta. Neutrino dapat melarikan diri dari lingkungan astrofisika yang padat dimana foton tidak dapat menemukan percepatan sinar kosmik," kata para peneliti dalam makalah ilmiah yang mereka tulis.

Para peneliti sendiri menyatakan bahwa penemuan neutrino ini merupakan penemuan besar dalam seperempat abad terakhir. "Ini adalah indikasi pertama dari neutrino yang memiliki energi tinggi dan berasal dari luar tata surya kita, energinya pun lebih dari satu juta kali dari yang diamati pada tahun 1987 yang kala itu menyebabkan supernova dan terlihat dalam Large Magellanic Cloud," kata Francis Halzen, peneliti dari IceCube dan juga profesor University of Wisconisn-Madison.

Sumber : MERDEKA

Tags: ,
Admin

Suka dengan blog saya ? Please Like, Share atau Follow | Bagi Yang Telah Mengunjungi Blog Saya, Saya Ucapkan Terima Kasih Banyak :)

Get Updates

Daftarkan E-mailmu Untuk Berlangganan Artikel Algifari Blogspot .

Share This Post

Related posts

0 komentar:

Jangan Lupa Tinggalkan Pendapat Anda di Kotak Komen Ini Ya. ^_^

whos amung

Kumpulan Puisi Keren

Kata Kata Bijak Motivasi

Algifari Bercerita

Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot

Ayo ! Gabung Bersama

© 2013 Algifari Blogspot. WP Theme-junkie converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
back to top