Sunday 9 December 2012

Hindari Melakukan 4 Kesalahan Pembuatan Grafik

Posted by Unknown  |  at  Sunday, December 09, 2012 No comments


Ketika membuat grafik di Excel 2007/10, ada beberapa tipe grafik atau kebiasaan yang harus selalu Anda hindari, bahkan jika atasan Anda meminta Anda untuk membuatnya.
Menyerahkan Grafik Radar kepada Spiderman
Data yang diatur dalam kolom atau baris pada worksheet dapat digambarkan dalam bentuk grafik Radar yang membandingkan nilai-nilai agregat dari beberapa seri data. Namun grafik ini bentuknya lebih mirip dengan jaring laba-laba sehingga akan kelihatan membingungkan, bahkan dengan titik data yang sempurna. Anda tidak dapat membuat kesimpulan dengan cepat (dan tepat) jika berpedoman pada grafik Radar. Grafik ini juga membutuhkan banyak pengaturan (format) untuk dapat tampil dengan baik.

Lebih Baik Makan Donat daripada Menunjukkan Grafik Donat
Data yang diatur dalam kolom atau baris pada lembar kerja dapat diplot dalam bentuk grafikDoughnut. Seperti pie chart, grafik donat menggambarkan hubungan setiap bagian dari keseluruhan, tetapi grafik ini dapat menampilkan lebih dari satu seri data (sementara Pie chart hanya dibatasi pada satu seri data).
Grafik Doughnut memiliki terlalu banyak titik data, sehingga terlihat membingungkan dan sangat sulit untuk membandingkan di antara seri data yang berbeda.
Jangan Membuat Grafik Anda Terlihat Seperti Gedung Pencakar Langit
Bila Anda menggunakan grafik 3-D untuk grafik column/area, Anda mungkin akan mengalami kesulitan ketika membaca beberapa informasi yang ditampilkan karena akan terjadi tumpang tindih pada kolom/area. Selain itu grafik ini juga membutuhkan banyak pengaturan untuk dapat menyajikan data dengan jelas, bahkan dengan titik data yang sempurna.
Hindari untuk Menambahkan Dimensi pada Grafik Line
Bila Anda menambahkan dimensi ke grafik Line, Anda akan mengalami kesulitan untuk membandingkan di antara seri data sehingga Anda dapat membuat kesimpulan yang salah karena sering tumpang tindih satu seri data dengan seri yang lain sehingga akan menimbulkan ambiguitas.
Sumber: buku Grafis & Chart Spektakuler Excel

Tags:
Admin

Suka dengan blog saya ? Please Like, Share atau Follow | Bagi Yang Telah Mengunjungi Blog Saya, Saya Ucapkan Terima Kasih Banyak :)

Get Updates

Daftarkan E-mailmu Untuk Berlangganan Artikel Algifari Blogspot .

Share This Post

Related posts

0 komentar:

Jangan Lupa Tinggalkan Pendapat Anda di Kotak Komen Ini Ya. ^_^

whos amung

Kumpulan Puisi Keren

Kata Kata Bijak Motivasi

Algifari Bercerita

Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot

Ayo ! Gabung Bersama

© 2013 Algifari Blogspot. WP Theme-junkie converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
back to top