Saturday 29 September 2012

Tips Mengatasi Virus Worm di Warnet

Posted by Unknown  |  at  Saturday, September 29, 2012 No comments

Sering akses internet di warnet? Hati-hati ya karena biasanya banyak virus atau worm yang mengintai. Berikut ini sejumlah tip sederhana untuk menghindari virus atau worm dari warnet:
  • Jika memungkinkan, pilihlah warnet yang punya reputasi baik. Warnet dengan bangunan yang baik, ruangan bersih, nyaman, biasanya juga baik pula pemeliharaan komputer mereka. Mereka memerhatikan pelanggannya dalam berbagai aspek.
    Contoh ruangan warnet
  • Jika Anda tidak bermaksud menyimpan data di komputer warnet, sebaiknya pilihlah warnet yang menghapus data pengguna secara periodik. Saran penulis, jangan memilih warnet yang langsung menghapus data begitu komputer restart, karena selalu ada kemungkinan Anda malah kehilangan data yang Anda simpan di harddisk. Tetapi pilihlah warnet yang menghapus data ketika pengguna selesai menggunakan komputer di warnet tersebut.
  • Pilih juga warnet yang otomatis me-restart komputer pengguna yang sudah selesai memakai internet (ketika pengguna log out dari Billing, maka komputer kemudian di-restart). Selain lebih aman dari virus, privasi dan data Anda sedikit lebih terjamin, karena kalau pun Anda lupa log out dari suatu situs internet, maka Deepfreeze atau program sejenisnya akan membantu membuang jejak-jejak Anda. Jika warnet yang Anda kunjungi tidak melakukan itu, lakukan restart secara manual sebelum dan setelah memakai internet. Restart sebelum memakai internet bertujuan untuk membersihkan program antik yang mungkin diinstal oleh pengguna sebelum Anda. Sedangkan restart setelah memakai internet bertujuan untuk menghapus semua jejak Anda, cookie, dan lain-lain.
  • Pilihlah warnet yang ada antivirusnya, yang ideal setidaknya ada kombinasi dari antivirus internasional dan antivirus lokal. Kebanyakan antivirus lokal cukup baik untuk menghadapi worm atau virus-virus lokal. Dan warnet boleh dikatakan salah satu ajang unjuk gigi produsen virus lokal. Pastikan antivirus di warnet tersebut sudah ter-update atau Anda lakukan update sendiri jika perlu. Jika memang terpaksa di komputer tidak terpasang antivirus, pakailah antivirus portabel. Selalu simpan setidaknya satu antivirus portabel di Flash Disk Anda. Karena sifat portabelnya, Anda mau menyimpan beberapa antivirus juga tidak jadi masalah.

    Ilustrasi antivirus portable
  • Jika di warnet tersebut memungkinkan untuk menyimpan data, jangan terlalu usil dengan browsing folder-folder milik orang lain. Ingat bahwa virus atau worm bisa menyamar jadi apa saja, termasuk menyamar jadi ikon folder, file word, file jpg, dan sejenisnya. Perhatikan type data dan ukurannya. Folder beneran itu tidak punya ukuran. Pada type data tulisannya adalah file folder. Jika ada folder yang ada ukurannya atau type datanya tulisannya adalah application, maka bisa dipastikan itu bukan folder beneran, tetapi file worm yang menyamar jadi folder. Perhatikan juga bila ada file yang ukuran-ukurannya sama. Pilih View detail untuk membantu melihat kondisi ini.

Memerhatikan file dan folder
  • Worm atau virus lokal biasanya senang memakai ekstensi ganda untuk menyamarkan dirinya. Jika memungkinkan, tampilkan ekstensi di komputer tersebut melalui Folder Options-nya. Biarkan kosong pada Hide extensions for known file types. Selain itu, tampilkan juga Hidden file dan Operating system file untuk mempermudah membedakan.

    Show hidden di folder Options

Tags:
Admin

Suka dengan blog saya ? Please Like, Share atau Follow | Bagi Yang Telah Mengunjungi Blog Saya, Saya Ucapkan Terima Kasih Banyak :)

Get Updates

Daftarkan E-mailmu Untuk Berlangganan Artikel Algifari Blogspot .

Share This Post

Related posts

0 komentar:

Jangan Lupa Tinggalkan Pendapat Anda di Kotak Komen Ini Ya. ^_^

whos amung

Kumpulan Puisi Keren

Kata Kata Bijak Motivasi

Algifari Bercerita

Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot

Ayo ! Gabung Bersama

© 2013 Algifari Blogspot. WP Theme-junkie converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
back to top